Thursday 15 September 2016

Google Segera Matikan Hangout on Air

Hangout on Air tak akan lagi bisa digunakan. Mulai September 2016 layanan yang sempat naik daun ketika digunakan Barack Obama dan Paus Francis itu akan dihentikan Google.

Google Segera Matikan Hangout on Air

Sebagai gantinya, pengguna Hangout on Air diminta untuk beralih menggunakan YouTube Live untuk semua kebutuhan live streaming, mulai 12 September. Ini juga berlaku untuk postingan yang dijadwalkan tayang setelah tanggal tersebut.

Dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (16/8/2016), melalui halaman support YouTube, Google menjelaskan bagaimana pengguna memulai, menjadwalkan, dan mengontrol live streaming setelah mereka berpindah dari Hangout on Air.

Hangouts on Air dirilis pada 2012 berbarengan dengan Google menambahkan fitur live streaming dan community ke layanan Hangouts yang sudah ada. Saat itu, layanan live streaming belum mainstream. Untuk mempromosikannya, Google pun mengajak pengguna melakukan tanya jawab dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Sayangnya, popularitas Hangout on Air hanya bertahan sebentar. Setahun kemudian, YouTube Live dirilis dan segera mengalihkan perhatian pengguna. Meski Google menggunakan infrastruktur YouTube untuk mendongkrak Hangouts on Air, YouTube, tetap menjadi pilihan pengguna. YouTube, melalui YouTube Live, dinilai menjadi platform yang lebih pas untuk melakukan live streaming. (rns/ash)

No comments:

Post a Comment