Thursday 20 October 2016

Pencipta Pokemon Go Digugat Warga

Meski tidak seramai di awal-awal peluncurannya, masih cukup banyak orang ketagihan main Pokemon Go. Namun karena dinilai membuat hidup mereka terganggu, pasangan ini memperkarakan developer Pokemon Go yakni Niantic ke pengadilan.

Pencipta Pokemon Go Digugat Warga

Dikutip detikINET dari Detroit Free Press, Selasa (16/8/2016), pasangan suami istri bernama Scott Dodich dan Jayme Gotts-Dodich yang tinggal di Detroit, Amerika Serikat ini menganggap pembuat Pokemon Go menghasilkan banyak uang dengan mengusik kehidupan sehari-hari banyak warga.

Pasalnya banyak Pokestops dan gym, tempat gamer mengumpulkan item, lokasinya berdekatan dengan properti pribadi. Mereka sendiri tinggal di dekat sebuah taman di mana ratusan gamer Pokemon berkumpul karena ada banyak Pokestops dan gym di sana.

Tidak hanya mereka yang terusik, para tetangga juga mengeluhkan hal yang sama. Saking kesalnya dan karena keluhannya tak juga ditanggapi, mereka memutuskan melakukan langkah hukum.

"Tidak ada lagi yang bisa tidur nyenyak. Bagaimana hal seperti ini bisa diterima? Mereka berkeliaran di halaman kami. Kami tidak lagi merasa aman," tulis mereka dalam gugatannya.

Gugatan didaftakan di pengadilan federal California yang menyasar Niantic serta Nintendo selaku pemilik perusahaan Pokemon. Mereka dituntut untuk meminta izin dulu jika akan meletakkan Pokestops atau gym di dekat properti pribadi.

Selain itu juga dituntut pembagian keuntungan dari pendapatan yang diraup Pokemon Go. Namun belum ada tanggapan dari para tergugat sejauh ini.

Memang munculnya Pokemon Go banyak dikeluhkan walau ada juga dampak positifnya, misalnya membuat gamer terdorong beraktivitas fisik. Beberapa negara bahkan sudah melarang gamer Pokemon berburu di area sensitif seperti di lokasi militer.

No comments:

Post a Comment